Hukum Mencium Mushaf Al-Qur’an

Pertanyaan.
Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani ditanya : Apa hukumnya mencium mushaf Al-Qur’an yang sering dilakukan oleh sebagian kaum muslimin ?

Jawaban.
Kami yakin perbuatan seperti ini masuk dalam keumuman hadits-hadits tentang bid’ah. Diantaranya hadits yang sangat terkenal.

“Artinya : Hati-hatilah kalian terhadap perkara-perkara (ibadah) yang diada-adakan, sebab semua ibadah yang diada-adakan (yang tidak ada contohnya dari Rasul) adalah bid’ah, dan semua bid’ah adalah sesat” [Shahih Targhib wa Tarhib 1/92/34]

Dalam hadits lain disebutkan.
“Artinya : Dan semua yang sesat tempatnya di neraka”.

Banyak orang yang berpendapat bahwa mencium mushaf adalah merupakan perbuatan yang bertujuan untuk menghormati dan memuliakan Al-Qur’an. Betul …!, kami sependapat bahwa itu sebagai penghormatan terhadap Al-Qur’an. Tapi yang menjadi masalah : Apakah penghormatan terhadap Al-Qur’an dengan cara seperti itu dibenarkan .?

Seandainya mencium mushaf itu baik dan benar, tentu sudah dilakukan oleh orang yang paling tahu tentang kebaikan dan kebenaran, yaitu Rasulullah ? dan para sahabat, sebagaimana kaidah yang dipegang oleh para ulama salaf.
“Artinya : Seandainya suatu perkara itu baik, niscaya mereka (para sahabat Rasul Shallallahu ‘alaihi wa sallam) telah lebih dulu melakukannya”
Itulah patokan kami.

Posted in Bid'ah. 3 Comments »

3 Responses to “Hukum Mencium Mushaf Al-Qur’an”

  1. suryadicoi suryadicoi Says:

    qouted : “Seandainya mencium mushaf itu baik dan benar, tentu sudah dilakukan oleh orang yang paling tahu tentang kebaikan dan kebenaran, yaitu Rasulullah ?”unqouted

    Pertanyaan selanjutnya adalah apakah mushaf alquran sudah ada pada masa Rasulullah? Kapan alquran dalam bentuk tulisan mulai dikumpulkan kapan mulai dibukan sehingga seperti sekarang ini?
    Apakah rasulullah pernah memerintahkan sahabat untuk mengumpulkan dan membukukannya? Apakah mengerjakan sesuatu yang tidak diperintahkan atau dicontohkan rasulullah seperti pembukuan alquran ini juga termasuk kepada mengada-ada?
    Terima kasih

  2. Hartono Says:

    mohon penjelasan admin !
    Jika mencium Al – qur’an itu bid’ah apakah termasuk kesesatan yang sudah di pastikan akan masuk NERAKA

  3. faisal Says:

    admin sini gk pernah baca dan jawab pertanyaan orang yg membaca . apakah cukup dengan dalil diatas … kaya gk ada hadist lain yg harus dicerna . cm tau hadis yg bidah dan yg bidah masuk neraka . belajar lagi min sama guru2 .. jgn guru internet dan buku wahabi saja..hadist ada bnyak gk cm ada 2 ..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: